Macam Macam Olahraga Gaya Renang Beserta Penjelasannya

Macam Macam Gaya Renang – Halo semuanya pembaca setia artikel sinastekmapan.id kembali lagi bersama kami pemberi informasi terbaru terupdate dan terpopuler, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang :

Macam Macam Olahraga Gaya Renang Beserta Penjelasannya

macam macam gaya renang

Renang adalah salah satu olahraga yang ada di cabang akuatik yang sangat menyehatkan bagi tubuh di mana tiap tiap gerakan yang di lakukan di dalam air baik itu air tawar maupun air asin, yang membutuhkan koordinasi gerak hampir seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dikenal sebagai olahraga prestasi yang kemudian di ikutkan dalam lomba olahraga di tingkat nasional dan internasional. Bukan hanya di bidang lomba, olahraga renang juga sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat terutama para pelajar. Karena, aktivitas berenang bisa menjadi sarana untuk rekreasi mencari hiburan dan melepaskan stres yang dialami.

Gaya Punggung

Gaya punggung adalah teknik renang yang hampir mirip dengan gaya bebas, akan tetapi gaya ini di lakukan dengan tubuh yang berubah posisi menjadi telentang atau punggung menghadap ke bawah air dan menjadi penopang beban tubuh.

Posisikan badanmu lurus dan sejajar, serta wajah menatap ke atas. Karena posisi ini akan membuat kepala lebih sering berada di tengah permukaan air, ada baiknya kamu menggunakan penutup telinga. Ayunkan lenganmu ke atas secara bergantian. Jangkau sejauh mungkin area di belakang tangan yang tak terlihat. Ini juga berfungsi untuk mengetahui ujung dari kolam renang ini sendiri. Meski tak dapat melihatnya, tanganmu akan menyentuh garis itu terlebih dulu. Sedangkan untuk gerakan kaki, ada sedikit perbedaan dengan gaya bebas. Jika pada gaya bebas kaki harus diayunkan ke atas dan ke bawah, kamu harus menggerakkan kakimu menendang air pada teknik berenang gaya punggung.

Gaya Bebas

Jenis gaya renang yang satu ini sangat mudah dan dapat memungkinkan kalian meluncur cepat di dalam air tanpa perlu khawatir kehabisan tenaga dalam waktu cepat. Renang gaya bebas tidak di lakukan sebebas yang kalian inginkan. Ada beberapa langkah-langkah dasar untuk melatih renang gaya bebas seperti di bawah ini.

Mengapung dengan bagian perut dan wajah menghadap air, lalu regangkan tubuh kalian selama mungkin. Usahakan pkalianngan mata 90 derajat menghadap dasar agar postur tubuh tetap lurus saat berenang. Kemudian, jaga kaki kalian tetap lurus, lalu tendang kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian. Tendang kaki dengan cepat dan terus-menerus.

Mulailah dengan kedua lengan lurus ke depan kepala dan bersiap melakukan gerakan mendayung bergantian. Tarik satu lengan di bawah tubuh sampai ke paha, kemudian keluarkan lengan dari air hingga siap masuk kembali ke dalam air di depan kepala. Saat salah satu lengan keluar dari air, lengan lainnya mendayung di bawah air sampai ke paha. Lakukan gerakan terus-menerus hingga tubuh Kalian terdorong ke depan. Putar kepala kalian ke samping untuk menarik napas. Lakukan pada sisi lengan yang terangkat ke atas. Usahakan satu telinga tetap terendam air saat kalian memutar kepala. Saat lengan kembali masuk ke air, kembalikan wajah ke dalam air dan buang napas.

Gaya Dada

Gaya dada menggunakan gerakan seperti katak ketika berenang. Renang gaya dada disebut juga gaya katak karena gerakannya mirip. Selain itu teknik berenang ini menggunakan dorongan tangan dan kaki ke depan. Ketika di dalam air, gaya dada membutuhkan dorongan dari bawah ketika kepala melakukan pernapasan. Perenang pemula perlu latihan lanjutan untuk gerakan renang dada. Gaya renang ini cenderung santai dan tidak menghabiskan energi.

Ketika di dalam air usahakan Bagian perut dan wajah menghadap ke air. Kemudian luruskan kaki dan regangkan jari-jari kaki. Lutut ditekuk perlahan dari arah bawah kemudian menendang keluar. Seperti gerakan katak, lutut yang ditekuk ini kemudian melingkar setengah lingkaran ke arah luar supaya tubuh tetap maju. Bagian lengan dan bawah dada kemudian diluruskan, lalu kembali ke lengan depan. Gerakan ini seakan membelah air. Sementara itu bagian kepala diangkat ke atas ketika kedua tangan mulai menyatu. Kepala ke atas ini untuk menarik pernapasan.

Gaya Kupu Kupu

Gaya kupu kupu adalah teknik renang yang di dapat dari pengembangan gaya dada, pada teknik dasar renang gaya kupu kupu yang harus di miliki adalah kekuatan lengan. Karena gaya kupu kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba lumba yang masuk kedalam air kemudian keluar saat tangan di dorong kebawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan. Jenis Gaya kupu kupu ini juga di sebut dengan gaya lumba lumba, untuk kecepatannya memang lebih cepat daripada gaya bebas. Namun untuk melakukannya harus dengan tenaga yang lebih ekstra besar.

Itulah sedikit penjelasan mengenai macam macam gaya renang yang bisa kalian lakukan. Selalu support kami dengan cara selalu mengunjungi artikel-artikel kami dengan begitu kami akan semangat dalam mencari dan memberikan informasi-informasi untuk kalian semua, terima kasih dan tetap semangat.