Mengenal Macam Macam  Jenis Senam Beserta Penjelasannya

Macam Macam Senam – Halo semuanya pembaca setia artikel sinastekmapan.id kembali lagi bersama kami pemberi informasi terbaru terupdate dan terpopuler, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang :

Mengenal Macam Macam  Jenis Senam Beserta Penjelasannya

Macam macam senam

Senam berasal dari istilah bahasa Inggris “gymnastic” yang artinya di lakukan di ruang khusus melibatkan performa gerak, kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerak fisik. Performa tersebut di butuhkan karena senam membutuhkan kombinasi-kombinasi gerakan agar manfaat mental dan fisik dapat dirasakan. Senam pada umumnya memiliki gerakan seperti, berguling, melompat, berputar, bertumpu dengan tangan atau kaki, bertumpu dengan punggung, bertahan untuk menyeimbangkan badan, bahkan bertumpu dengan kepala saja.

Senam Menggunakan Pita

Jenis senam ini biasanya menggunakan pita atau ribbons. Penggunaan pita ini berasal dari bahan yang halus seperti kain satin. Panjang pita biasanya 6 meter, belum termasuk tongkat pegangannya. Untuk berat pitanya sendiri sekitar 35 gram. Kemudian tongkat yang dipakai berasal dari kayu atau bambu dengan panjang 50-60 cm dan diameter satu sentimeter. Gerakan senam dengan tongkat pita ini seperti mengayun, berbelit-belit seperti ular, membentuk angka 8, spiral, serta berbagai macam lemparan.

Senam Ritmik

Senam ritmik adalah jenis senam dengan gerakan seperti melompat, memutar, dan lainnya lewat beragam alat berbeda. Dalam Olimpiade, senam ini hanya di lakukan oleh perempuan. Atlet harus melakukan gerakan lewat peralatan seperti tali, gelang-gelang, bola, palang sejajar, gada, pita, dan lainnya. Seluruh peralatan ini harus terus bergerak, baik itu diayunkan ke udara, diputar ke sekeliling tubuh, dan gerakan lainnya. Satu kali performa atlet individu tidak boleh melewati durasi 90 detik. Untuk melakukan senam ritmik, perlu ketangkasan serta daya tahan pada seluruh anggota tubuh. Biasanya, atlet perlu latihan intens untuk bisa melakukannya karena butuh keterampilan cukup tinggi.

Senam Aerobik

Merupakan salah satu cabang olahraga senam yang pertama. Senam ini melakukan gerakan aktif, kreatif, energik, yang biasanya diiringi musik dengan irama cepat. Gerakan dari dari senam ini adalah kaki melompat dan berjalan, serta bergerak aktif menyesuaikan dengan irama lagu. Senam aerboik dapat melatih otot yang ada dalam tubuh menjadi lebih kuat, melatih jantung, paru-paru, dan peredaran darah.

Senam Menggunakan Alat Bola

Jenis senam ini menggunakan alat bola. Adapun bola yang di pakai adalah berukuran sedang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Asalkan bola tersebut mudah di pegang, maka kalian bisa menjadikannya sebagai alat bantu saat berolahraga. Pada umumnya bola terbuat dari karet atau plastik. Penggunaan bola dalam kompetisi juga beragam, umumnya menggunakan bola dengan diameter 18-20 cm dengan berat 400 gram. Gerakan memakai bola diantaranya adalah dengan melempar bola ke atas dan menangkapnya kembali, atau bisa dengan menggelindingkan bola ke arah pesenam.

Senam Akrobat

Senam akrobat sangat menekankan pada keseimbangan. Peralatan yang di gunakan mulai dari handstand hingga pegangan untuk menguji keseimbangan. Dalam satu tim yang terdiri dari 2-4 atlet, setiap anggotanya saling melempar dan menangkap rekannya. Senam ini di lakukan di atas mat yang di bentangkan di lantai. Pasangan dalam satu tim bisa perempuan, laki-laki, atau campuran. Bukan hanya di lombakan di level orang dewasa, senam akrobat untuk anak-anak juga kerap masuk dalam ajang kompetisi internasional.

Senam Menggunakan Alat Tali

Dalam gerakannya tidak ada pegangan khusus. Adapun tali yang di gunakan merupakan tali dengan bahan halus. Panjangnya bisa di sesuaikan dengan tinggi badan pesenam. Cara mengukurnya bisa dengan menginjak bagian tengah tali, kemudian tangan kanan dan kiri memegang ujung tali dan meletakkannya di depan bahu. Dalam jenis senam irama ini pesenam di beri keleluasaan khusus untuk bermain dengan cara apapun. Namun kuncinya tetap di kuasai penuh oleh para pesenam. Hal itu dapat di contohkan pada saat melempar tali ke atas, atau loncat sambil melewatkan tali ke atas bawah.

Selalu support kami dengan cara selalu mengunjungi artikel-artikel kami dengan begitu kami akan semangat dalam mencari dan memberikan informasi-informasi untuk kalian semua, terima kasih dan tetap semangat.