Pendidikan Jasmani, Menurut Para Ahli, Tujuan dan Manfaat

Pendidikan Jasmani, Tujuan, Manfaat – Halo semuanya pembaca setia artikel sinastekmapan.id kembali lagi bersama kami pemberi informasi terbaru terupdate dan terpopuler, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang :

Pendidikan Jasmani, Menurut Para Ahli, Tujuan dan Manfaat

Pendidikan Jasmani, Tujuan, Manfaat

Adalah suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan aktivitas fisik dalam menghasilkan perubahan holistik pada kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Dan juga merupakan bagian dari integral dari secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kesegaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat, dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga, dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Ini juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelajaran pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. Melalui aktivitas jasmani anak akan memperoleh berbagai macam pengalaman yang berharga untuk kehidupan seperti kecerdasan, emosi, perhatian, kerjasama, keterampilan, dan sebagainya.

Menurut Para Ahli

Firmansyah, pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang melibatkan interaksi antara peserta didik dengan lingkungan yang di kelola melalui aktivitas jasmani secara sistematik menuju pembentukan manusia seutuhnya.

Subagiyo,  pendidikan jasmani adalah latihan jasmani yang di manfaatkan, di kembangkan, dan di dayagunakan dalam pendidikan.

Abdul Kadir Ateng, pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.

Sukintaka, pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan total yang mencoba mencapai tujuan mengembangkan kebugaran jasmani, mental, sosial, serta emosional bagi masyarakat dengan wahana aktivitas jasmani.

Bucher, pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional.

Winarno, pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari proses pendidikan secara keseluruhan yang menggunakan aktivitas jasmani sebagai media atau alat untuk mencapai tujuan, pendidikan jasmani bertujuan untuk mengembangkan individu secara organis, neuromusculer, intelektual, dan emosional.

Rusli Lutan, pendidikan jasmani merupakan proses sosialisasi melalui aktivitas jasmani, bermain, dan atau olahraga untuk mencapai tujuan pendidikan.

Rosdiani, pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematis bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neumuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional.

Agus Mahendra, pendidikan jasmani adalah proses pendidikan tentang dan melalui jasmani, permainan dan atau olahraga yang terpilih untuk mencapai tujuan pendidikan.

Tujuan

  • Mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kesegaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
  • Mengembangkan   kepercayaan   diri   dan   kemampuan   untuk   menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani.
  • Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
  • Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
  • Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
  • Memperoleh dan mempertahankan kebugaran jasmani yang optimal untuk melaksanakan tugas sehari-hari secara efisien dan terkendali.
  • Berpartisipasi   dalam   aktivitas   jasmani   yang   dapat   mengembangkan keterampilan sosial yang memungkinkan peserta didik berfungsi secara efektif dalam hubungan antar orang.
  • Mengembangakan sikap positif, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis.
  • Menikmati kesenangan dan  keriangan melalui  aktivitas jasmani,  termasuk permainan olahraga.

Manfaat

  • Kebutuhan ruang gerak anak terpenuhi. Anak-anak memang sangat membutuhkan ruang gerak untuk kegiatan mereka, pendidikan jasmani ini merupakan suatu kesempatan bagi anak untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Bukan hanya bergerak saja, akan tetapi di dalam pendidikan jasmani sang anak pun dapat bergerak sambil belajar.
  • Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani.
  • Dapat memiliki otot dan tulang yang kuat. Dengan seringnya sang anak melakukan gerakan-gerakan olahraga itu akan membuat otot serta tulang berkembang dan menjadi lebih sehat serta kuat.
  • Mengembangkan nilai-nilai pribadi melalui partisipasi dalam aktivitas jasmani baik secara kelompok maupun perorangan.

 

Selalu support kami dengan cara lebih sering mengunjungi artikel-artikel kami, dengan begitu kami akan selalu semangat dalam mencari dan memberikan informasi-informasi untuk kalian semua.

Terima kasih dan tetap semangat.